Testing

SOP AND PROFIT MAKING

November 06, 2017 - Indra Jaya

SOP akan membuat manajemen lebih efisien dan meningkatkan kecepatan serta kepastian transaksi-transaksi internal. Efisiensi kecepatan dan kepastian tersebut tentunya berpengaruh kepada kepuasan user seorang karyawan. Dengan demikian, job satisfaction akan terjadi dan terbagi secara relatif merata kepada segenap SDM yang ada dalam suatu perusahaan karena hubungan-hubungan mereka diharmoniskan dengan perangkat-perangkat manajemen internal seperti SOP.

Transaksi internal adalah sejumlah yang kegiatan-kegiatan internal perusahaan yang digambarkan oleh proses bisnis. Disebut transaksi karena setiap bagian akan memberikan dan menerima service ke dan dari bagian lainnya. Hal ini dapat diilustrasikan sebagai berikut: seorang supervisor dilayani oleh bawahannya dengan mengerjakan tugas tanpa kesalahan dan supervisor membayarnya dengan menilai bawahan tersebut telah bekerja dengan baik. Selanjutya supervisor akan memberikan pelayanan kepada manajer di atasnya berupa report atas supervise-supervisi yang telah dilakukannya. Hal ini akan terus bergerak hingga ke manajemen puncak dan investor dan ini disebut dengan vertical internal transaction.

Selain Vertikal, terdapat pula horizontal internal transaction. Transaksi internal ini mengandung makna bahwa terdapat pula hubungan-hubungan transaksi antar divisi, bahkan antar pegawai bawahan suatu divisi dengan pegawai bawahan divisi lain. Misalnya, hubungan antara bagian SDM dengan karyawan bagian pemasaran, hubungan antara bagian akuntansi dan bagian gudang, dan hubungan-hubungan lainnya. Tentunya manajemen puncak sangat mengharapkan hubungan-hubungan ini berjalan dengan harmonis.

Efisiensi tentunya akan meringankan biaya karena mampu mengurangi kebutuhan tenaga kerja atau mengurangi waktu kerja sehingga dapat menghemat listrik dan air. Tentunya, penghematan listrik dan air dapat meringankan beban perusahaan. Selanjutnya, penghematan dan penghargaan yang tinggi terhadap waktu juga diyakini dapat meningkatkan work-life balance sehingga akan sangat membuat karyawan merasa nyaman. Kenyamanan kerja tentunya akan meningkatkan prestasi kerja dan kepuasan kerja.

Dari pemaparan-pemaparan tersebut, dapat disimpulkan bahwa keberadaan SOP secara jangka panjang akan mempengaruhi secara positif profitabilitas suatu perusahaan.

  • Head Office
  • Grand Slipi Tower, 42D Floor
    Jl. S. Parman Kav 22-24, Slipi Jakarta 11480, Indonesia
    T: +62-21 2925 2122, 726 0039
    info@kap-gpaa.com
Copyright KAP GPAA